Follow us on:

Pages

Perkembangan Teknologi Informasi pada Bidang Komputer

Halo,, ketemu lagi.. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang "Perkembangan Teknologi Informasi pada Bidang Komputer".
Jadi, menurut yang saya pernah dengar dan saya dapatkan. Perkembangan IT pada bidang komputer ini dibagi menjadi 4 era, yaitu:
  1. Era Komputerisasi (1960-an)

  2. Mulai diperkenalkannya minicomputer dan mainframe oleh perusahaan-perusahaan, seperti IBM ke dunia industri. Kemampuan menghitung yang sedemikian cepat menyebabkan banyak sekali perusahaan yang memanfaatkannya untuk keperluan pengolahan data. Pemakai komputer dimasa ini ditujukan untuk meningkatkan efisiensi.

  3. Era IT (awal 1970-an)

  4. Pada era ini Teknologi PC mulai diperkenalkan menggantikan mini computer. Dan pada era inilah dimulainya komputer babak baru, yakni suatu fasilitas yang dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan atau instansi

  5. Era Sistem Informasi (awal 1980-an)

  6. Di era ini para perusahaan-perusahaan beralih dari pengembangan teknologi menjadi pengembangan un yang mengenalkan teori “Change Management” (Perubahan Manajemen). Hampir di semua kerangka teori manajemen perubahan ditekankan pentingnya teknologi informasi sebagai salah satu komponen utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang ingin menang dalam persaingan bisnis. Tidak seperti pada kedua era sebelumnya yang lebih menekankan pada unsur teknologi, pada era manajemen perubahan ini yang lebih ditekankan adalah sistem informasi, dimana komputer dan teknologi informasi merupakan komponen dari sistem tersebut. Dan kunci keberhasilan pada era ini adalah informasi yang cepat dan akurat.

  7. Era Globalisasi Informasi

  8. Diperkenalkannya internet pada seminar diSan Fransisco pada tahun 1996.

Referensi:
- http://hilmi-nugraha.blogspot.com
- Artikel oleh Richardus Eko Indrajit