Follow us on:

Pages

Algoritma

Pada dasarnya Algoritma adalah urutan suatu langkah-langkah logis yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Dimana langkah-langkah ini disusun secara sistematis dan logis. Langkah-langkah logis ini harus dapat ditentukan dengan nilai benar atau salah.
Algortima berasal dari kata algorism yang berarti proses menghitung.



Kata algorism ini diperkenalkan oleh ahli matematika: Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi disebut sebagai Bapak Aljabar. Seorang ahli matematika, astronomi, astrologi, dan geografi yang berasal dari Persia. lahir sekitar tahun 780 di Khwarizm (sekarang bernama Khiva, Uzbekistan) dan wafat pada tahun 850 di Baghdad.

Algoritma merupakan jantung ilmu komputer dan informatika. Algoritma tidak hanya diterapkan dalam komputer saja, namun dapat juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat kita memasak air panas, yang pertama kita lakukan adalah menyiapkan wadah, lalu wadah diisikan dengan air, lalu air ini dimasak,  dan baru jadilah air panas.

Ciri penting algoritma
  • Algoritma harus berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah terbatas.
  • Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat dan tidak berarti-dua (Ambiguitas).
  • Algoritma memiliki nol atau lebih masukkan.
  • Algoritma memiliki nol atau lebih keluaran.
  • Algoritma harus efektif (setiap langkah harus sederhana sehingga dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk akal).
Algoritma ada 2 jenis, yaitu:
- Deskripsi
- Flowchart
  1. Deskripsi
  2. Contoh:
    Algoritma persegi panjang:
    1. Masukkan panjang p
    2. Masukkan lebar l
    3. Luas = p*l
    4. Munculkan Luas
  3. Flowchart
  4. => gambaran hasil analisa suatu masalah.
    Secara garis besar ada 3 bagian utama:
    - Input
    - Proses
    - Output

    Macam-macam flowchart:

    Hal yang paling penting dalam pembuatan flowchat adalah:
    • Jalannya proses digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari kiri ke kanan dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.
    • Aktivitas yang digambarkan harus didefiniskan secara hati-hati dan definisi ini harus dapat dimengerti oleh pembacanya.
    • Hindari pengulangan proses yang tidak perlu logika dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat.
    • Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.
    • Setiap langkah dari aktifitas harus berada pada urutan yang benar.
    • Menggunakan simbol-simbol flowchart yang standar.
      Contoh:
      // Flowchart persegi panjang



  5. Pseudocode
  6. Pseudocode adalah tekhnik untuk menuliskan algoritma secara high-level tanpa tergantung pada sebuah bahasa pemrograman. Penulisan pseudocode biasanya ditulis dengan menggunakan bahasa inggris dan diberi tambahan notasi-notasi matematika.

      Contoh pseudocode menghitung luas segi empat:
       
      Algoritma Luas_Segiempat
      { Menghitung luas segiempat dengan diketahui panjang dan lebarnya }
      DEKLARASI
         Luas, panjang, lebar: integer
      DESKRIPSI
         panjang  <= 10
         lebar <= 5
         Luas <= panjang*lebar
                      write (Luas) 
       
       
    Resensi: 
    http://teknologi.kompasiana.com
    http://www.jaf.web.id
    Buku Algoritma pemrograman C++ dalam ilustrasi